Bali 1928, vol. I: Gamelan Gong Kebyar

Berikut adalah rangkuman materi-materi yang terdapat dalam Bali 1928, vol. I: Gamelan Gong Kebyar

Bali 1928, Vol I: Gamelan Gong Kebyar

Bali 1928, Vol I: Gamelan Gong Kebyar

1. Dalam CD Bali 1928, vol. I Gamelan Gong Kebyar terdapat berbagai rekaman tabuh dari sekaa-sekaa legendaris Bali pada masa tahun 1930-an termasuk dari Belaluan – Denpasar, Pangkung – Tabanan, dan Busungbiu – Buleleng.

Sekaa Gong Belaluan didirikan pada tahun 1918 dengan gamelan gong pinjaman dari Puri Dangin, kalangan bangsawan yang dekat. Pada awalnya perbendaharaan karya mereka adalah gending untuk tarian yang terkait dengan légong, tetapi pada tahun 1920 mereka mulai memainkan gaya baru kebyar. Pada sesi rekaman bersejarah tahun 1928 tersebut, Gong Kebyar dari Belaluan, Denpasar merekam 10 gending termasuk Kebyar Ding karya Made Regog.

13-Made-Regog-Gong-Belaluan

Berikut audio stream dari rekaman Kebyar Ding (Bagian I) – Kebyar tersebut:

 

Mengingat satu sisi dari piringan hitam 78 rpm hanya berdurasi tiga menit, Kebyar Ding direkam menjadi enam bagian terpisah-pisah yang dalam pertunjukan sesungguhnya tidak terdapat jeda antara bagian-bagian seperti dalam CD. Bagian pertama gubahan Kebyar Ding ini secara umum masih disebut kebyar, dan menampilkan rangkaian gending dengan irama sinkopasi (pemindahan ketukan atau aksen dalam gending sehingga nada kuat menjadi lemah dan begitu pula sebaliknya) yang meledak-ledak, permainan bersama yang bebas dari ketukan tetap, tetapi kerap kembali kepada frase dengan ketukan ajeg. Sepanjang bagian 1 sampai 5 adalah ucek-ucekan cepat, ‘menggosok’ atau ‘menyeka’ pada alunan nada-nada dan iramanya, suatu kekhasan kebyar masa awal.

Koleksi lengkap dari album ini bisa dibeli dan diunduh di link berikut: Bali 1928: Gamelan Gong Kebyar | Arbiter of Cultural Traditions

2. Berikut adalah daftar putar video-video dari DVD Para Maestro Tari dan Tabuh Legendaris Kebyar di Bali Tahun 1930-an yang merupakan pendamping dari CD Bali 1928, vol. I: Gamelan Gong Kebyar yang merupakan bagian dari Proyek Pemugaran, Penyebaran, dan Pemulangan Kembali Rekaman Musik dan Film Yang Dibuat Pertama Kalinya di Bali pada tahun 1928 hasil kerjasama antara peneliti utama Dr. Edward Herbst, Arbiter of Cultural Traditions di New York yang  dipimpin Allan Evans, dan STIKOM Bali di Indonesia, di bawah koordinasi Marlowe Makaradhwaja.

Adapun  daftar putarnya adalah:

1. I Marya menari Igel Trompong diiringi Gong Belaluan
Pemain kendang: I Made Regog dan I Gusti Alit Oka
Film oleh Miguel Covarrubias (kira-kira tahun 1931)

2. Ida Boda mengajar Légong diiringi Palégongan Kelandis
Film oleh Colin McPhee (antara tahun 1931-1938)

3. I Sampih menari Igel Jongkok (Kebyar Duduk) diiringi Gong Peliatan
Pemain kendang: Anak Agung Gede Mandera
Film oleh Colin McPhee (antara tahun 1932-1935)

4. I Gde Manik dari Jagaraga, Buleleng memainkan Kendang Tunggal
Film oleh Colin McPhee (antara tahun 1931-1938)

5. Gong Jineng Dalem, Buleleng
Pemain trompong: I Gde Lila
Pemain kendang: Pan Rukiasih dan Pan Gelgel
Film oleh Colin McPhee (antara tahun 1931-1938)

6. Baris Malampahan di Tegaltamu
Para penari: I Wayan Serog, I Wayan Tekek, Anak Agung Aji Raka Pajenengan, I Gusti Ngurah Raka Koplogan, dan I Gusti Ngurah Regug
Film oleh Miguel Covarrubias (antara tahun 1930-1934)

7. Baris Poléng Ketekok Jago dari Banjar Tembawu Kelod, Denpasar
Film oleh Miguel Covarrubias (antara tahun 1930-1934)

8. Gangsa Pacek dan Réyong dalam Gong Kebyar
Film oleh Colin McPhee (antara tahun 1931-1938)

9. Gong Gedé Sulahan, Bangli
Film oleh Colin McPhee (antara tahun 1931-1938)

10. Gong Gedé Sulahan, Bangli: Céngcéng Kopyak
Film oleh Colin McPhee (antara tahun 1931-1938)

11. Ngoncang
Munyiang Ketungan dengan Lu Séséh (Kayu Kelapa)
Ngelesung Padi di Ketungan
Nebuk Padi dengan Petung (Bambu)
Film oleh Colin McPhee (antara tahun 1931-1938)

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Rocio Sagaon Vinaver, Djahel Vinaver dan José G. Benitez Muro atas izin yang diberikan untuk memakai rekaman film dari Bali karya Miguel Covarrubias yang telah sangat berguna untuk menggugah kembali kenangan-kenangan masa lalu dari para seniman generasi tua.

Kami juga haturkan terima kasih setulusnya atas kemurahan hati dan kepercayaan dari UCLA Ethnomusicology Archive and Colin McPhee Estate, yang telah meminjamkan banyak piringan hitam aslinya dan juga cuplikan film dan foto-foto oleh Colin McPhee yang sungguh tak ternilai dan berperan begitu besar dalam proyek ini.

3. Slideshow foto Bali 1928, vol. I: Gamelan Gong Kebyar. Foto-foto berikut terdapat dalam naskah (PDF) Gamelan Gong Kebyar yang ditulis oleh Dr. Edward Herbst.

 

4. Naskah Bali 1928, vol. I – “Gamelan Gong Kebyar: Tabuh-Tabuh dari Belaluan, Pangkung, dan Busungbiu” (PDF) karya Dr. Edward Herbst dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Sebagai catatan file PDF BALI 1928 Vol I Gamelan Gong Kebyar (Revised) di bawah adalah revisi dari PDF sebelumnya yang memuat kesalahan ketik tahun tentang kebyar di Bali Utara.

Download (PDF, 2.91MB)

Download (PDF, 621KB)

Download (PDF, 135KB)

Simak juga Naskah Sejarah Perkembangan Gong Gede oleh I Wayan Simpen A.B. di tautan ini.

Catatan: Edward Herbst adalah pimpinan proyek, etnomusikolog, dan peneliti utama dari Bali 1928 “Pemugaran, Penyebaran, dan Pemulangan Kembali Rekaman Musik dan Film Yang Dibuat Pertama Kalinya di Bali pada tahun 1928” bekerjasama dengan STIKOM Bali selaku penerbit di Indonesia, dan Arbiter Cultural Traditions di bawah pimpinan Allan Evans selaku pemugar kualitas audio dari piringan-piringan bersejarah Odeon dan Beka tahun 1928.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *