Naskah Penelitian

Mozaik Penelitian Seni Budaya Bali 1930-an oleh Dr. Edward Herbst 

Salah satu aspek penting dari Arsip Bali 1928 berkaitan dengan identifikasi, pembacaan baru dan penelitian mendalam terhadap koleksi audio, film dan foto yang berhasil direpatriasi dan dipugar oleh tim. Sepanjang tahun 2013-2015, Dr. Edward Herbst melakukan penelitian lapangan di Bali yang melibatkan ratusan narasumber dari berbagai disiplin ilmu seni dan budaya untuk mengungkap rekam jejak kesejarahan Bali, khususnya yang terkait rekaman bersejarah Odeon dan Beka pada tahun 1928-29 tersebut.

Hasil-hasil penelitian yang mendetail tersebut dirangkum dan dirilis dalam lima (5) naskah berformat PDF yang bisa diakses pada portal informasi ini. Naskah-naskah tersebut ditulis dalam bahasa Inggris, dan diterjemahkan ke dalam Indonesia oleh tim. Selamat membaca!

1. Naskah Bali 1928, vol. I – “Gamelan Gong Kebyar: Tabuh-Tabuh dari Belaluan, Pangkung, dan Busungbiu” (PDF) karya Dr. Edward Herbst dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Sebagai catatan file PDF BALI 1928 Vol I Gamelan Gong Kebyar (Revised) di bawah adalah revisi dari PDF sebelumnya yang memuat kesalahan ketik tahun tentang kebyar di Bali Utara.

Download (PDF, 2.91MB)

Download (PDF, 621KB)

Download (PDF, 135KB)

Simak juga Naskah Sejarah Perkembangan Gong Gede oleh I Wayan Simpen A.B. di tautan ini.